Dosen

Profil Rama Kertamukti

Nama : Dr. Rama Kertamukti, S.Sos., MSn
Program Studi : S2 - Media dan Komunikasi
Fakultas : Ilmu Sosial dan Humaniora
Jenis Pegawai | Status : Pegawai Negeri Sipil | Aktif Mengajar
Jabatan Akademik | Golongan : Lektor Kepala | IV/A
Email :
Pendidikan Terakhir : S3

Kelas Mata Kuliah Yang Diampu Oleh Dr. Rama Kertamukti, S.Sos., MSn Di Semester Genap TA 2024/2025
No Nama Mata Kuliah SKS Jenis MK Kelas Jadwal
1. Teori Komunikasi 4 WAJIB A RAB 07:00-08:40 R: FISHUM-107#JUM 07:00-08:40 R: FISHUM-107

No. Jenjang Perguruan Tinggi Jurusan Gelar Akademik Tahun Lulus
1. S3 Universitas Gadjah Mada Kajian Budaya Dan Media - 2020
2. S2 University of Sheffield United Kingdom Computer Science Penciptaan Seni - 2007
3. S1 Universitas Padjadjaran Ilmu Penerangan S.Sos 1996

# TAHUN KARYA
Book Chapter
1 2022 Generasi Z, Digital, dan Islam Pada Masyarakat Digital di Era Pandemi Covid 19 dalam MASYARAKAT DIGITAL: Fenomena dan Nomena. Tingkat Nasional. Diselenggarakan oleh Universitas Atmajaya Yogyaakarta. Diterbitkan oleh Publisher: Buku Litera.
https://www.researchgate.net/publication/362226312_Generasi_...
2 2022 Virtualitas Diri Dalam Ruang Masyarakat Cyber dalam Menuju Masyarakat Indonesia 5.0: Perspektif dan Dinamika. Tingkat Nasional. Diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
https://www.researchgate.net/publication/362226383_VIRTUALIT...
3 2022 Media, Komunikasi dan Informasi di Masa Pandemi Covid-19 dalam ANALISA KARAKTERISTIK UNGGAHAN INSTAGRAM #UNTILTOMORROW PADA MASA PANDEMI COVID 19 . Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh MBridge Press.
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41907/
4 2020 Analisa Karakteristik Unggahan Instagram#untiltomorrow Pada Masa Pandemi Covid-19 . Tingkat Nasional.
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/41907/
5 2019 Memahami Generasi Z Melalui Etnografi Virtual . Tingkat Nasional.
https://www.researchgate.net/publication/338764249_Memahami_...
6 2014 Islam dan Kajian Media/ Komunikasi Profetik Dalam Kampanye Politik (Kampanye Pilpres Jokowi 2014) . Tingkat Nasional.
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42835/
7 2014 Jargon Politik dan Ekspektasi Agenda Publik . Tingkat Nasional.
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42087/12/jargon%20p...
Buku Referensi
8 2024 Budaya siber : gen Z, proyeksi diri, algoritma . Tingkat Nasional. Diterbitkan oleh CV Surya Pustaka Ilmu Grup.
https://www.researchgate.net/publication/378363134_Budaya_Si...
9 2023 Pembentukan Identitas Kelas dan Praktik Leisure di Instagram . Tingkat Nasional. Diselenggarakan oleh Surya Pustaka Ilmu Grup. Diterbitkan oleh Surya Pustaka Ilmu Grup.
http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62610
10 2015 Strategi Kreatif dalam Periklanan . Diterbitkan oleh Rajawali Press.
Conference Paper
11 2022 Storynomics Tourism Strategy in Building Tourism Communications on Ex-War Sites in Yogyakarta . Tingkat Internasional. Pada AICOSH (Annual International Conference On Social Sciences And Humanities) 2022. Diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Hmaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Diterbitkan oleh Atlantis Press.
https://www.atlantis-press.com/proceedings/aicosh-22/1259800...
12 2021 Management of Influencer Expression Regarding Vaccination Communication On Instagram . Tingkat Internasional. Pada The 11th IGSSCI (International Graduate Students and Scholars Conferences In Indonesia). Diselenggarakan oleh Sekolah pascasarjana UGM Yogyakarta. Diterbitkan oleh Sekolah pascasarjana UGM Yogyakarta.
https://igsci.pasca.ugm.ac.id/
13 2020 “Love in Tokyo” in the Perspective of Korean Drama Lovers of Santriwati dalam “Love in Tokyo” in the Perspective of Korean Drama Lovers of Santriwati . Tingkat Internasional Bereputasi. Pada Annual International Conference on Social Sciences and Humanities (AICOSH 2020). Diselenggarakan oleh Fak. Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Diterbitkan oleh Atlantis Press.
https://www.atlantis-press.com/proceedings/aicosh-20/1259423...
14 2019 Digital Life Middle-Class on Instagram . Tingkat Internasional Bereputasi. Pada 1st Annual Internatioal Conference on Social Sciences and Humanities (AICOSH 2019). Diselenggarakan oleh Fak. Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Diterbitkan oleh Atlantis Press.
https://www.atlantis-press.com/proceedings/aicosh-19/1259160...
15 2018 Creative Branding Strategy: Development Strategy Brand Identity Tribun Jogja . Tingkat Internasional. Pada International Conference on Media and Comm Studies (ICOMACS). Diselenggarakan oleh Fac. Of Da’wa and Comm. UIN Sunan Gunung Djati.
16 2016 MEMBACA PILIHAN PENONTON PADA PROGRAM ACARA FTV DI TELEVISI SWASTA INDONESIA . Tingkat Internasional. Pada International Conference of Communication, Industry, and Community (ICCIC). Diselenggarakan oleh Univ. tarumanegara Jakarta.
Jurnal Ilmiah
17 2024 Narasi Budaya dan Ketahanan Komunal: Eksplorasi Makna Simbolik Spanduk Berbahasa Jawa pada Pandemi Covid- 19 . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diselenggarakan oleh UII. Diterbitkan oleh Department of Communications at Universitas Islam Indonesia in Yogyakarta, Indonesia.
https://journal.uii.ac.id/jurnal-komunikasi/article/view/352...
18 2024 Perancangan Strategi Media Informasi untuk Komunikasi Kebencanaan yang Efektif dalam Mitigasi Bencana Erupsi Gunung Merapi . Tingkat Nasional. Diselenggarakan oleh ASPIKOM. Diterbitkan oleh Aspikom.
https://sinergikomunikasi.com/home/article/view/41
19 2024 Implementasi Media Sosial dalam Meningkatkan Layanan Kemahasiswaan dan Alumni pada Perguruan Tinggi Islam di Yogyakarta, Salatiga, Ponorogo, dan Kudus . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diselenggarakan oleh Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia). Diterbitkan oleh Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia).
https://caraka.web.id/index.php/caraka/article/view/132
20 2024 RELIGIOUS LITERACY: INFORMATION SEARCH REGARDING ISLAM AMONG VIRTUAL CITIZENS AND ROLE OF CONTEMPORARY PREACHING . Tingkat Internasional. Diselenggarakan oleh Academy of Contemporary Islamic Studies (ACIS), UiTM Cawangan Melaka. Diterbitkan oleh Academy of Contemporary Islamic Studies (ACIS), UiTM Cawangan Melaka.
https://myjurnal.mohe.gov.my/public/article-view.php?id=2234...
21 2023 HABIB HUSEIN JA'FAR'S SELF PRESENTATION STRATEGY IN DIGITAL DA'WAH ON YOUTUBE . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diselenggarakan oleh Department of Communication Studies, Faculty of Social and Political Sciences (FISIP), Syiah Kuala University. Diterbitkan oleh Department of Communication Studies, Faculty of Social and Political Sciences (FISIP), Syiah Kuala University.
https://jurnal.usk.ac.id/JKG/article/view/31101
22 2023 HABIB HUSEIN JA'FAR'S SELF PRESENTATION STRATEGY IN DIGITAL DA'WAH ON YOUTUBE . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diselenggarakan oleh Jurnal Komunikasi Global, Department of Communication Studies, Faculty of Social and Political Sciences (FISIP), Syiah Kuala University.. Diterbitkan oleh Jurnal Komunikasi Global, Department of Communication Studies, Faculty of Social and Political Sciences (FISIP), Syiah Kuala University..
https://jurnal.usk.ac.id/JKG/article/view/31101
23 2022 Instagram Religious Moderation Dialogue Space for Generation Z . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Tangerang. Diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Tangerang.
https://jurnal.umt.ac.id/index.php/nyimak/article/view/6670
24 2022 Instagram Religious Moderation Dialogue Space for Generation Z . Tingkat Nasional. Diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Tangerang. Diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Tangerang.
https://jurnal.umt.ac.id/index.php/nyimak/issue/view/490
https://drive.google.com/file/d/1qoERzZ7jLr0SQOrXTNWXk3y9QJo...
25 2022 Analisis Framing Pemberitaan Isu Rasisme Kematian George Floyd di CNNIndonesia.com Periode 28 Mei–29 Juni 2020 . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diselenggarakan oleh Jurnal Komunikasi Global, Department of Communication Studies, Faculty of Social and Political Sciences (FISIP), Syiah Kuala University.. Diterbitkan oleh Department of Communication Studies, Faculty of Social and Political Sciences (FISIP), Syiah Kuala University..
https://jurnal.usk.ac.id/JKG/article/view/31101
26 2022 Management Of Influencer Expression Regarding Vaccination Communication On Instagram . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diselenggarakan oleh Dakwah and Communication faculty of UIN Raden Intan Lampung. Diterbitkan oleh Dakwah and Communication faculty of UIN Raden Intan Lampung.
http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/komunika/article/...
27 2022 Analisis Framing Pemberitaan Isu Rasisme Kematian George Floyd di CNNIndonesia.com Periode 28 Mei–29 Juni 2020 . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diselenggarakan oleh Universitas Ciputra Surabaya. Diterbitkan oleh Universitas Ciputra Surabaya.
https://journal.uc.ac.id/index.php/calathu/article/view/3217
28 2022 Website Work Quality Assessment to Improve Webometrics Rank on the Website of https://uin-suka.ac.id/ . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diselenggarakan oleh Jurnal Pewarta Indonesia . Diterbitkan oleh Jurnal Pewarta Indonesia .
http://www.pewarta.org/index.php/JPI/article/view/86
29 2022 Website Work Quality Assessment to Improve Webometrics Rank on the Website of https://uin-suka.ac.id/ . Tingkat Nasional. Diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Diterbitkan oleh Jurnal Pewarta Indonesia.
http://www.pewarta.org/index.php/JPI/article/view/86
30 2021 Interaksi Komunitas Menggunakan Fitur Fd Talk di Aplikasi Female Daily . Tingkat Nasional.
http://caraka.web.id/index.php/caraka/article/view/55/41
31 2021 Zenius Stimulation during a Pandemic: Framing of Republika.co.id and Liputan6.com on Distance Learning Issues in the Pandemic Era . Tingkat Nasional Terakreditasi.
http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/komunika/arti...
32 2019 Mediating the Lifestyle of Metrosexual on Instagram (# priadewasa,# ganteng): Consumption and Identity . Tingkat Nasional Terakreditasi.
http://jurnal.umt.ac.id/index.php/nyimak/article/view/2880
33 2019 Use of Local Wisdom (Purpusage) through Heart-to-Heart Communication in Settling of Social Conflicts in Karo, North Sumatra Indonesia . Tingkat Internasional Bereputasi. Diterbitkan oleh Faculty of Social Sciences and Humanities Universiti Kebangsaan Malaysia.
https://ejournal.ukm.my/mjc/article/view/34432/9835
34 2019 Praktik Prosumption Kalangan Kelas Menengah Yogyakarta di Instagram: Culture, Network Society . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diselenggarakan oleh ISKI. Diterbitkan oleh ISKI Pusat.
http://warta-iski.or.id/index.php/WartaISKI/article/view/26
35 2019 Build design introduction to university profiles using the logo with the augmented reality method . Tingkat Internasional Bereputasi.
https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1175/1/...
36 2019 Kontruksi ldentitas melalui Stories Highlight Instagram Kalangan Kelas Menengah . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh ASPIKOM.
http://jurnalaspikom.org/index.php/aspikom/article/view/502
37 2018 Komunikasi Visual: Fantasi Tubuh Wanita Kelas Menengah di Instagram . Tingkat Nasional Terakreditasi. Diterbitkan oleh Ilmu Komunikasi UNPAD Bandung.
http://jurnal.unpad.ac.id/jkk/article/view/17925
38 2018 Kecenderungan Kajian Penelitian Jurnal Komunikasi Pada Penulis APJIKI Ditinjau dari Tujuh Tradisi Komunikasi . Tingkat Nasional Terakreditasi.
http://ejournal.uin-suka.ac.id/isoshum/profetik/article/view...
39 2018 Lecturers’ Understanding on Indexing Databases of SINTA, DOAJ, Google Scholar, SCOPUS, and Web of Science: A Study of Indonesians dalam Journal of Physics: Conference Series. Tingkat Internasional.
http://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/954/1/01...
40 2018 Interaksi Simbolis Masyarakat Dalam Memaknai Kesenian Jathilan dalam Jurnal ASPIKOM. Tingkat Nasional Terakreditasi.
https://scholar.google.co.id/citations?user=NNcJR1oAAAAJ&hl=...
41 2018 INSTAGRAM DAN PEMBENTUKAN CITRA (Studi Kualitatif Komunikasi Visual dalam Pembentukan Personal Karakter Account Instagram @basukibtp) dalam Profetik Jurnal Komunikasi. Tingkat Nasional.
http://ejournal.uin-suka.ac.id/isoshum/profetik/article/view...
Prosiding
42 2022 PROPHETIC VALUE IN GAMIFICATION PRACTICES AT SHOPEE TANAM DURING THE COVID-19 PANDEMIC . Tingkat Internasional. Diselenggarakan oleh International Conference on Communication Science (ICCS) 2022. Diterbitkan oleh University of Mataram .
https://proceeding.unram.ac.id/index.php/iccs/article/view/8...
43 2019 Instagram of Social Instrument Communication . Tingkat Internasional.
http://aicosh.uin-suka.ac.id/media/dokumen_akademik/072_2020...
44 2014 Social Communication Media in Cultural Adaptation of New Communication . Tingkat Internasional.
http://www.ipedr.com/vol77/016-ICLMC2014_N10035.pdf
Seminar
45 2021 Management of Influencer Expression Regarding Vaccination Communication On Instagram . Tingkat Internasional.
https://igsci.pasca.ugm.ac.id/

# TAHUN KARYA
Melakukan penelitian
1 2016 COMPARING MEDIA CONSUMPTION: EVERYDAY LIFE IN INFORMATION SEEKING SYSTEM (ELISS) ON NAHDLATUL ULAMA AND MUHAMMADIYAH ULAMA.

# TAHUN KARYA
Hak Cipta
1 2023 URGENSI LAYANAN INFORMASI BERBASIS DIGITAL PADA PANDEMI COVID-19 DI BALI DAN LOMBOK SEBAGAI DESTINASI WISATA.
https://pdki-indonesia.dgip.go.id/detail/ced896bb31d83a4c66d...
2 2022 KONSTRUKSI IDENTITAS MELALUI STORIES HIGHLIGHT INSTAGRAM KALANGAN KELAS MENENGAH. Diterbitkan oleh KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA.
https://pdki-indonesia.dgip.go.id/detail/EC00202256394?type=...
3 2020 Copywriter : Pencetus Ide Komunikasi Audio Dan Visual Iklan. Diterbitkan oleh MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA DIREKTUR JENDERAL KEKAYAAN INTELEKTUAL.
http://search.jogjalib.com/Record/uinsukalib-092718

# TAHUN KARYA
Berperan serta aktif dalam pengelolaan jurnal ilmiah
1 2024 Reviewer Jurnal Komunikasi Global .
2 2023 Editor In Chief Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sinergi Komunikasi .
3 2023 Reviewer pada Jurnal Mediator UNISBA Volume 16/2023 .
4 2022 Reviewer Penerbitan Jurnal Widya Komunika Volume 12 no.1 April 2022 dan Volume 12 no.2 Oktober 2022 Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Unsoed .
5 2022 Berperan Aktif sebagai reviewer di Jurnal Al Balagh UIN Raden Mas Said Surakarta Januari - Juni 2022 .
6 2022 Berperan Aktif sebagai reviewer di Jurnal UAD dengan artikel "Cyber Public Relations Activities of Depok City Communications and Information Technology in Building a Positive Image " . .
7 2022 Berperan Aktif sebagai reviewer di Jurnal Komunikasi Global ublished by the Department of Communication Studies, Faculty of Social and Political Sciences (FISIP), Syiah Kuala University Januari - Juni 2022 .
8 2020 Reviwer Jurnal Channerl pada artikel "BRAND IMAGE DAN KUALITAS LAYANAN HOTEL TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN" .
9 2020 Berperan Aktif sebagai reviewer di Jurnal UAD dengan artikel "PROSES KOMUNIKASI PADA PENGGUNA APLIKASI WHASTAPP YANG MENONAKTIFKAN FITUR READ RECEIPTS" .
10 2019 editor pada Jurnal: Profetik Jurnal Komunikasi .
Kegiatan Sosial
11 2020 Khutbah dan Pengajian Idul Adha 1441 H di Masjid Baitul Faizin .
12 2020 Pengajian Remaja Masjid Gamping Lor Amim Baif .
Memberi latihan / penyuluhan / penataran / ceramah kepada masyarakat
13 2024 Instruktur Website/ Media Sosial di Kemenag Kulon Progo (Insidental).
14 2022 Dewan Hakim dan Juri Pekan Seni dan Olahraga Nasional (Pesona) I Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) Tahun 2022 (Insidental).
15 2022 Juri pada Penilaian dalam Cabang final Lomba Seni (Daring) pada Pekan Seni dan Olahraga Nasional (PESONA)) I PTKN Tahun 2022 (Insidental).
16 2022 Webinar Kepemudaan dengan tema "Menyongsong Era Digitalisasi di Kalangan Anak Muda Indonesia" oleh Jaringan Pemuda Nusantara (JPN) (Insidental).
17 2022 Coaching of Academic Writing pada LPPM IIQ An Nuur Yogyakarta (Insidental).
18 2020 Workshop Penulisan Jurnal Nasional/Internasional Pada Lembaga Penelitian dan Pengapdian Masyarakat Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (Insidental).
19 2020 Webinar Nasional "Branding Sekolah di Era Digital" (Insidental).
Memberi pelayanan kepada masyarakat
20 2015 Penceramah Kuliah Subuh dan Khotbah Tarawih Ramadhan 1436 H di Masjid Baitul Faidzin .
Menulis Karya Pengabdian
21 2018 Pelatihan Jurnalistik untuk Mewujudkan Media Ramah Anak .